cool hit counter

PWM Sulawesi Tenggara - Persyarikatan Muhammadiyah

 PWM Sulawesi Tenggara
.: Home > Berita > Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kendari merancang Wisata 3 in 1 di Kabupaten Kolaka

Homepage

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kendari merancang Wisata 3 in 1 di Kabupaten Kolaka

Kamis, 26-10-2017
Dibaca: 538

 

Kolaka – Badan eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Muhammadiyah Kendari mengembangkan Ekowisata Terpadu Three in One (Sungai – Laut – Danau) di Desa Tamborasi Kecamatan Iwoimendaa Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (19-23/10/17). Kegiatan ini merupakan Program Hibah Bina Desa (PHBD) BEM Unismuh Kendari.

 

Program Hibah bina Desa ini merupakan program dari Belmawa Kemenristek Dikti yang diperuntukan bagi organisasi kemahasiswaan perguruan tinggi di Indonesia. BEM Unismuh Kendari merupakan salah satu yang memenangkah hibah tersebut untuk tahun 2017. Sebelumnya Unismuh Kendari telah berhasil memenangkan hibah bina desa ini 5 tahun berturut-turut sejak tahun 2012. Program Hibah bina Desa (PHBD) ini termasuk program hibah dikti yang tergolong besar karena pemenangnya setiap tahunnya itu terbatas, dari 5000 an proposal yang diseleksi hanya 120 proposal yang didanai.

 

Tahun 2017 ini, PHBD Unismuh Kendari dilaksanakan oleh Badan eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Muhammadiyah Kendari dengan judul “Pengembangan Ekowisata Terpadu Three in One (Sungai-Laut Danau) di Desa Tamborasi Kecamatan Iwoimendaa Kabupaten Kolaka – Sulawesi Tenggara”. Pelaksana dalam program ini adalah mahasiswa Unismuh Kendari yang merupakan pengurus BEM yang terdiri dari: Alham Syukur (Ketua/ Teknik Arsitektur), La Ode Parisa (Fak. Perikanan), Muhammad Syahban (Teknik Arsitektur), Ahmad Alfirdauzi (Teknik Arsitektur), Isla Khudin (Teknik Lingkungan) dan Lusyana Ardianty (Pend. Bahasa Inggeris). Tim PHBD ini dibimbing oleh Amir Mahmud, S. Pi., M.P yang merupakan dosen di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

 

Program-program yang dilaksanakan dalam PHBD ini adalah mengembangan potensi desa Tamborasi sebagai desa Ekowisata terpadu, penataan ulang manajemen wisata desa Tamborasi, peningkatan pendapatan masyarakat desa Tamborasidan promosi wisata dalam mendukung program Wonderfull Indonesia. Melalui program ini mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah kedalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. Dalam kegiatan ini mahasiswa fakultas perikanan melakukan transplantasi karang (penanaman bibit karang), mahasiswa fakultas teknik melakukan penataan ulang kawasan wisata dan membangun asesoris wisata (fotobooth area), penataan area kuliner, pembuatan bak sampah edukasi dan pembuatan rakit singgah yang semua wahana tersebut dapat dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata Tamborasi.

 

Alham Syukur selaku ketua Tim PHBD menjelaskan “Pengembangan Ekowisata Terpadu Three in One (Sungai-Laut Danau) dirancang untuk membuat destinasi wisata terpadu yang menghubungkan antara sungai Tamborasi (sungai terpendek di dunia) – wisata laut (terumbu karang) – danau biru. Melalui jalur 3 in 1 ini, wisatawan dapat menikmati paket wisata yang selama ini belum pernah dibuka oleh pengelola wisata di Tamborasi”

 

Manfaat yang diperoleh masyarakat sekitar lokasi wisata Tamborasi melalui kegiatan ini antara lain: peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung sehingga dapat meningkatkan pendapatan melalui penjualan tiket masuk. Selain itu para penjual makanan, penyedia jasa perahu, penyewaan pelampung sampai penjulan asesoris juga merasakan terjadi peningkatan pendapatan mereka.

 

“Kami sangat senang dengan kegiatan mahasiswa Unismuh Kendari ini, akhirnya banyak pengujung yang datang dan penjualan tiket semakin meningkat. Kami mengucapkan terima kasih atas bakti dari mahasiswa Unismuh Kendari semoga kedepannya dapat membuat program-program seperti ini untuk meningkatkan pendapatan masyarakat”,tutur Abu Naim selaku pengelola wisata Tamborasi. Hal senada juga disampaikn oleh kepala Desa Tamborasi yang sangat mendukung program PHBD di desanya.

 

Kegiatan PHBD ini berlangsung selama 4 Bulan dimulai dari perencanaan, sosialisasi,pelaksanaan, monitoring dan pelaporan akhir kegiatan. Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Kendari Ir. Bambang Indro Yuwono mengapresiasi kegiatan-kegiatan mahasiswa Unismuh Kendari yang bernilai positif dalam upaya pengembangan potensi mahasiswa dan membantu menyelesaikan permasalahan yang terjadi dimasyarakat. Beliau menjelaskan “Program-program kemahasiswaan di Unismuh Kendari kita sangat apresiasi dan Universitas akan terus mendukung setiap kegiatan mahasiswa yang bernilai positif dalam rangka pengembangan potensi mahasiswa itu sendiri dan mengangkat citra Unismuh Kendari di masyarakat”. (arytamtama)


Tags: Unismuh Kendari
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori: Unismuh Kendari



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website